Jenis Emas

Jenis emas putih adalah emas yang dicampur dengan logam lain yang berwarna keputihan, seperti nikel, perak atau palladium. Orang awam sering menyamakannya dengan platina. Emas putih berbeda dari platina. Platina adalah logam mulia dengan symbol kimia Pt, jadi jelaslah beda antara emas putih dan platina. Platina mempunyai titik lebur 1.775 derajat celcius lebih tinggi daripada emas sehingga susah dibentuk menjadi perhiasan. Harga platina lebih mahal dibandingkan emas putih. Harga platina sendiri lama kelamaan warnanya akan memudar menjadi kuning karena emas putih didominasi oleh emas. (Au) 75% dan 15% logam lain sebagai pewarna putih. Agar warna putihnya tetap bertahan, biasanya dilakukan electroplating. Tapi hal ini harus dilakukan secara berkala.

Diantara logam mulia, emaslah yang paling banyak digunakan oleh orang. Jenis emas kuning dengan permata berwarna-warni disukai terutama oleh orang Amerika. Sementara orang Erpoa pada umumnya menyukai jenis emas putih dihiasi batu warna warni. Emas putih dan platinum pernah menjadi sangat pipuler dan menjadi tren di the white book. Emas pehiasan adalah emas yang dilebur dan dicampur dengan loham lain, kemudian dibentuk menjai perhiasan seperti liontin, kalung, cincing, gelang, anting, dan lain-lain. Harga emas perhiasan ditentikan oleh beberapa maca, faktor, antara lain warna emas, kadar emas dan bentuk perhiasan.

  1. Warna emas
    Perhiasan emas yang dijual dipasaran terdiri dari beberapa macam warna yang merupakan hasil perpaduan dengan logam lain.
  2. Kadar emas
  3. Bentuk emas
    Selain berdasarkan warna dan karat, emas perhiasan juga dinilai berdasarkan bentuk dan keunikan. Hal itu pengaruh terhadap harga perhiasan tersebut sehingga tidak mengherankan jika kita menempati sebuah gedung emas dengan warna dan kadar karat yang sama ditawarkan dengan harga yang jauh lebih berbeda. Biasanya semakin unik sebuah bentuk perhiasan. Dalam perhitungan harga jenis emas, biasanya biaya keunikan tersebut dikenal denhan istilah ongkos pembuatan.

Ada beberapa alasan mengapa orang berinvestasi emas . selain tidak terpengaruh inflasi (zero inflation), emas juga memiliki kelebihan-kelebihan sebagai berikut :

  1. Aman
    Uang di bank akan hilang secara perlahan-lahan karena biaya administrasi, pajak bunga 20%, tingkat suku bunga rendah, dan jaminan terbatas (hanya 100 juta per nomor rekening dengan nilai maksimum 2 milyar). Pada lembaga investasi lainnya dikenakan biaya broker, administrasi, pajak, dan lain sebagainya. Pada emas, Anda tidak perlu mengkhawatirkan itu semua.
  2. Perlindungan (Protection)
    Inflasi dan deflasi adalah perampom yang tidak kelihatan.. Keduanya merupakan masalah klasik yang sudah berabad-abada dan secara perlahan tapi pasti akan menggerogoti nilai aset kita. Berbeda dengan emas. Semakin tinggi, laju inflasi, semakin tinggi harga emas.
This entry was posted in Perhiasan Emas and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>