Trend Perhiasan Emas

Cukup penting untuk memperhitungkan faktor tren, ketika kita ingin membeli perhiasan emas. Memang kendati trend sudah usang, emas tetap saja emas. Tapi jika koleksi perhiasan yang hendak di jual itu masih terkesan modern, kita tidak perlu tawar-menawar terlalu lama dengan toko emas.

Jika membeli emas perhiasan, seperti kalung, cincin, gelang dan anting, perhatikan trend model perhiasan yang berkembang saat ini maupun di masa depan. Saat ini orang suka desain model yang punya banyak motif, dan tidak polos. Banyak motif yang bisa diukir pada perhiasan emas, seperti model hati, kembang, motif etnik, nama, dll.

Selera konsumen dan trend selalu mengalami pergeseran setelah beberapa tahun. Kadang konsumen lebih memilih emas putih, bisa juga suatu ketika trend perhiasan dengan emas merah, kuning dan putih berada dalam satu rangkaian. Setiap lima tahun atau sepuluh tahun, terjadi kejenuhan. Tapi bukan berarti harga emas putih atau kuning menjadi anjlok. Emas tetap emas, dan harganya pasti akan mahal dan semakin mahal.

Selain emas, ada beberapa jenis logam berharga lainnya yang bisa melengkapi kecantikan trend perhiasan emas seperti berlian dan permata. Jenis logam berharga tersebut dinilai memberikan manfaat lebih yaitu bisa mendongkrak prestise pemiliknya daripada emas saja. Serta beberapa jenis batu-batuan  diyakini memiliki khasiat atau pembawa hoki.

Berlian diyakini sebagai perlambang kesucian, dan mampu memberi khasiat pengobatan.    

Populernya berlian  dimasyarakat tercermin dari ungkapan ” berlian adalah abadi ” atau ” katakan Cinta dengan  berlian “. Selain simbol prestise dan kemakmuran, berlian menandakan keabadian. Dalam hubungan percintaan, berlian menempati posisi khusus.

Seorang lelaki akan menghadiahkan berlian kepada wanita idamannya sebagai simbol cintanya yang abadi. Semakin besar berlian dan karatnya, konon makin besar pula rasa cintanya.

Selain berlian, permata juga menjadi favorit pelengkap fashion perhiasan emas.

Kadar mutu permata dibagi dua. Yang pertama permata premium (precious colour stone) – rubi, mirah, zambrud, safir, dan mata kucing. Selain memiliki kekerasan prima, jenis ini juga berharga paling mahal. Yang kedua adalah permata biasa (semiprecious colour stone) – intan, giok, pirus, jaspis,dan akik.

Kelebihan permata biasanya menggunakan kriteria 4C untuk menentukan harga dan kualitas.

  1. Cut – irisan yang baik akan menghasilkan pantulan cahaya yang cemerlang.
  2. Colour – semakin khas warna batuan, semakin tinggi harganya.
  3. Clarity – semakin kecil cacat dan semakin jernih, semakin tinggi harganya.
  4. Carat – berat

Tidak ada standar baku memperkirakan harga permata. Permata adalah benda seni yang nilainya didasarkan pada subjektivitas.

Apapun logam pelengkap trend fashion perhiasan emas, semuanya kembali lagi terhadap selera subjektivitas konsumen masing-masing dalam memilih perhiasan tersebut sebelum membelinya. Yang terpenting adalah pastikan keaslian logam-logam tersebut, sertifikat, dan belilah perhiasan emas Anda di tempat yang aman.

This entry was posted in Perhiasan Emas and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Trend Perhiasan Emas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>